Sejarah Game Online di Industri Android – game Online atau kerap disebutkan Online Games ialah sebuah permainan (games) dimainkan di pada suatu jaringan (baik LAN atau Internet).

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE

Perkembangan game online sendiri tidak terlepas dari perkembangan tehnologi computer dan jaringan komputer tersebut. Meletusnya game online sendiri sebagai cerminan dari cepatnya jaringan komputer yang dulunya bertaraf kecil (small local network) sampai jadi internet dan semakin berkembang sampai sekarang ini. Games Online sekarang ini tidak sama dengan saat games online dikenalkan untuk pertamanya kali. Di saat ada pertamanya kali tahun 1960, komputer cuma dapat digunakan untuk dua orang untuk bermain game. Lantas nampaklah komputer dengan kekuatan time-sharing hingga pemain yang dapat mainkan game itu dapat semakin banyak dan tidak harus ada di satu ruang yang serupa (Multiplayer Games).

Lalu di tahun 1970 saat ada jaringan komputer berbasiskan paket (packet based komputer networking), jaringan komputer bukan hanya hanya LAN saja tapi telah meliputi WAN dan jadi Internet. Game online pertama kalinya ada umumnya ialah beberapa game replikasi perang atau pesawat yang digunakan untuk kebutuhan militer yang pada akhirnya dilepaskan lalu dikomersialkan, beberapa game ini selanjutnya memberikan inspirasi beberapa game lainnya ada dan berkembang. Di tahun 2001 ialah pucuk dari demam dotcom, hingga penebaran info tentang game online makin cepat Sejarah Game Online di Industri Android.

PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA

Sejarah Game Online di Industri Android
Sejarah Game Online di Industri Android

Menurut Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online ada di Indonesia di tahun 2001, diawali dengan masuknya Nexia Online. Game online yang tersebar di Indonesia sendiri cukup bermacam, dimulai dari yang berjenis action, sport, atau RPG(role-playing game). Terdaftar lebih dari 20 judul game online yang tersebar di Indonesia. Ini mengisyaratkan begitu besarnya antuiasme beberapa gamer di Indonesia dan besarnya market share games di Indonesia. Berikut game online yang hadirl di Indonesia:

Selainnya game di atas, ada pula beberapa game seperti Warcraft, Counterstrike, Age Of Empire, Need For Speed Seri yang banyak juga mengambil alih perhatian beberapa gamer di Indonesia meskipun tidak sebesar game — game yang disebut sebelumnya. Misalnya Countersrtike lebih lancar dimainkan pada model LAN dibanding internet karena latensinya yang besar dan servernya kurang cepat hingga saat bermain game ada interval membuat gamers jadi tidak nyaman, begitupun hal dengan Warcraft dan Age of empire.

TIPE-TIPE GAME ONLINE

First Individu Shooter(FPS), sama sesuai judulnya game ini ambil pemikiran orang pertama pada gamenya hingga seakan-akan kita sendiri yang ada dalam game itu, umumnya game ini ambil seting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game tipe ini kerap disebutkan game tembak-tembakan).
Real-Time Strategy, sebagai game yang bermainnya mengutamakan ke kedahsyatan taktik pemainnya, umumnya pemain mainkan bukan hanya 1 watak saja namun banyak watak.

Cross-Platform Online, sebagai game yang bisa dimainkan secara online dengan hardware yang lain misalkan saja need for speed undercover bisa dimainkan secara online dari PC atau Xbox 360(Xbox 360 sebagai hardware/console game yang mempunyai sambungan ke internet hingga bisa bermain secara online).

Browser Games, sebagai game dimainkan pada browser seperti Firefox, Drama, IE. Persyaratan di mana sebuah browser bisa mainkan game ini ialah browser telah memberikan dukungan javascript, php, atau flash.
Massive Multiplayer Online Games, ialah game di mana pemain bermain di dunia yang nilainya besar (>100 pemain), tiap pemain bisa berhubungan langsung seperti dunia riil

Bedasarkan tehnologi grafis

2 Dimensi, game yang adopsi tehnologi ini rerata game yang terhitung enteng, tidak memberatkan sistem. Tapi game dengan kualitas gambar 2D tidak nikmat disaksikan jika dibanding dengan game 3D hingga rerata game online saat ini adopsi tehnologi 2,5D yakni di mana watak dimainkan masih berbentuk 2D namun lingkungannya telah adopsi 3D.

3 Dimensi, game bertipe 3 DImensi sebagai game dengan grapis yang baik pada pelukisan secara realitas, umumnya beberapa game ini mempunyai peralihan camera (angle) sampai 360 derajat hingga kita dapat menyaksikan keseluruhannya dunia games itu. Namun game 3D minta detail computer yang cukup tinggi supaya penampilan 3 Dimensi game itu diperlihatkan secara prima.

Sejarah Game Online di Industri Android